Kampung CyberUbertekno.com – Kampong Cyber adalah sebuah kampong atau desa yang semua penduduk dan rumahnya menggunakan internet dan selalu terkoneksi dengan internet, hali ini tentunya merupakan hal yang sangat populer di luar negeri, namun jika di Indonesia hal ini masih merupakan sesuatu yang langka.

Sehubungan dengan kampong cyber tersebut, baru-baru ini Pemerintah kabupaten (Pemkab) Purwakarta akan meluncurkan kampung cyber. Sebuah kampong dengan fasilitas jaringan internet (WiFi) di hampir 2.000 saung/gubuk yang akan dibangun di area pesawahan yang luasnya kira-kira 20.000 hektare. Tujuan pembangunan kampong cyber ini tentunya untuk memfasilitasi seluruh masyarakat dan pelajar purwakarta untuk menikmati internet.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi (6/5/2015) mendeskripsikan bahwa sebagian besar pelajar dan masyarakat di pedesaan masih buta teknologi, tidak terkecuali internet. Padahal dengan adanya internet petani bisa mencari informasi tentang bercocok tanam dan informasi lain yang berhubungan dengan pekerjaan mereka, begitu juga pelajar akan semakin mudah mencari segala sesuatu tentang pekerjaanya.

Menurutnya, sebanyak hampir 2000 saung yang akan dibangun ini, kemungkinan akan tersebar di 20.000 hektare area pesawahan yang ada di Kabupaten Purwakarta. Targetnya persatu hektar sawah memiliki satu saung. Desain Saung ini akan diseragamkan sehingga memiliki ciri khas dan unik.

Tambahnya, untuk membangun kampong cyber ini pemerintah kabupaten akan mengalokasikan anggaran untuk program ini, mencapai Rp 40 miliar dari APBD perubahan nanti.

Incoming search terms: