Apps Windows 10Ubertekno.com – Microsoft resmi memperkenalkan Project Astoria dan Project Islanwood, sebuah proyek yang digadang-gadang dapat membuat pengguna Android ataupun iOS dapat memporting aplikasinya ke Windows 10. Namun selain kedua project itu, Microsoft juga meluncurkan Project Centennial sebuah project yang dapat membantu pengembang untuk memporting aplikasi Win32 atau aplikasi desktop ke Universal Apps yang mendukung Windows 10.

Project Astoria disodorkan kepada pengembang aplikasi Android untuk memudahkan porting aplikasi Android ke Windows 10. Tak hanya itu, Microsoft juga berusaha menarik perhatian pengembang Apple iOS dengan Project Islanwood untuk memudahkan porting aplikasi iOS ke Windows 10 dengan beberapa langkah saja.

Berbeda dengan kedua project diatas, Project Centennial disodorkan untuk pengembang aplikasi Windows desktop ke Windows 10. Seperti yang kita ketahui, saat ini pengguna windows XP atau Windows 7 yang aplikasinya berbasis Win32 atau aplikasi desktop masih jauh lebih banyak ketimbang aplikasi Windows 10 yang menggunakan konsep Universal Apps. Nantinya Aplikasi yang dihasilkan oleh Project Centennial ini dapat dijalankan di Xbox, Windows 10, dan Windows 10 for Phone.

Ide dibalik Project Centennial ini adalah mengakomodasi PC dengan OS windows XP dan windows 7, agar aplikasi klasik yang didalamnya dapat menampilkan interface khas Windows 10. Cara kerja Project Centennial ini adalah mengonversi aplikasi Win32 ke aplikasi Windows 10. Tool konversi akan menganalisa installer aplikasi dan mengubahnya ke dalam self-container Universal Windows. Selain itu, pengembang juga dapat dengan cepat mengunggah aplikasi buatannya ke Windows Store, seperti yang dilansir dari Liliputing (05/05/2015).

Incoming search terms: