Ubertekno.com – Baterai merupakan salah satu hardwere terpenting yang wajib ada pada perangkat gadget apapun itu, entah itu laptop, tablet dan Smartphone tentunya sangat membutuhkannya. Meskipun begitu semakin meningkatnya mikroprosessor, grafis yang jauh lebih baik, storage yang lebih besar tentunya sangat mempengaruhi kinerja baterai. Baterai seberapapun besarnya daya yang dimiliki tentunya akan sangat menguras daya baterai, nah untuk itulah diperlukan sebuah trik khusus untuk menghemat daya baterai Anda.

Begini caranya, jika Anda ingin memperpanjang daya hidup baterai pada laptop, tablet atau Smartphone, sebagaimana dilansir dari DigitalTrends, Selasa (5/5/1015).

  1. Aktifkan mode power saver

Mode power saver yakni sebuah mode untuk menghemat daya baterai yang terbukti sangat efisien untuk mengurangi tingkat kecerahan layar yang tentunya juga akan menhemat daya baterai.

  1. Eject disk yang tidak digunakan

Laptop ataupun Smartphone tentunya bisa dipasang drive/usb OTG, nah asal Anda tau mencopot disk drive yang tidak terpakai bisa menghemat baterai juga.

  1. Disconnect perangkat

Saat baterai sudah sangat terkuras/hampir habis anda bisa melakukan disconnect untuk paket data, WiFi, Bluetooth serta perangkat lainnya.

  1. Tutup semua aplikasi background

Menutup aplikasi yang berjalan pada background tentunya akan menghemat baterai.

  1. Instal Software manajemen baterai

Ada banyak aplikasi menejemen baterai, meskipun tidak terlalu menghemat baterai namun terbukti bisa memenejemen baterai pada gadget Anda. Bisa mencoba BatteryHealth untuk Mac, BatteryCare untuk windows, DU batterySaver untuk perangkat Android.

  1. Defragmentasi Hard Drive

Mengurangi konsumsi daya hard disk Anda dengan defragmentasi. Hal ini membuat hard drive Anda bekerja lebih stabil dibandingkan dengan yang belum di defragmentasi.

  1. Perbarui pernagkat lunak Anda

Softwere yang terbaru tentunya sangat menghemat pemakaian background, jadi background yang tidak berat tentunya akan menghemat baterai.

Incoming search terms: