OnePlus One vs Samsung Galaxy A5Ubertekno.com – Ponsel OnePlus One yang memperoleh sebutan juga sebagai ‘flagship killer’ sudah siap menyemarakkan pasar smartphone Tanah air. Dihargai bandrol sekitar Rp 4,5 jutaan, hp big screen itu bakal berkompetisi dengan beberapa hp unggulan, termasuk juga Samsung Galaxy A5 yang juga baru launching untuk pasar Tanah air dengan bandrol kurang lebih Rp 4,9 jutaan.

Bekerjasama dengan e-commerce Lazada, OnePlus One bakal mulai terima pemesanan (pre-order) dimulai pada 27 Januari 2015 yang akan datang. Walau sesungguhnya ponsel ini tawarkan 2 macam berdasar pada kemampuan penyimpanannya, tetapi kelihatannya pasar Tanah air bakal lebih dahulu dibanjiri ponsel One versi internal 64GB warna Sandstone Black.

Selanjutnya adu spesifikasi ke-2 ponsel pintar 4G LTE bandrol 4 jutaan ini berdasar pada spesifikasi tercatat ditulis dari GSM Arena.

Design serta Layar

Baik OnePlus One ataupun Samsung Galaxy A5 keduanya sama tawarkan design elegan. Bila Galaxy A5 menyuguhkan design unibody dengan tebal 6,7mm bahan full logam, tetapi ponsel One memiliki ketebalan 8,9mm membawa design removable di bagian belakangnya finishing style unik oleh karena itu merasa agak kasar seperti amplas waktu dipegang.

Untuk ukuran layar, smartphone OnePlus One unggul melalui layar sentuh kapasitif LTPS LCD seluas 5,5 inci penampilan full HD dengan resolusi (1080 x 1920 piksel, 401ppi) dan dilapisi anti gores dari Corning Gorilla Glass 3. Sedangkan Galaxy A5 dibekali layar sentuh kapasitif SuperAMOLED seluas 5 inci penampilan HD resolusi sebesar (720 x 1280 piksel, 294ppi).

Processor serta Konektivitas

Ke-2 ponsel pintar ini keduanya sama membawa processor quad core, dapat beroperasi pada jaringan 4G LTE serta digerakkan lewat system operasi versi Android 4.4 KitKat.

Tetapi bila diadu, spesifikasi OnePlus One lebih unggul diatas kertas melalui processor Qualcomm Snapdragon 801 quad core berkecepatan 2,5GHz plus GPU Adreno 330, yang dipadukan dengan RAM sebesar 3GB, penyimpanan internal berkapasitas 16 GB dan juga 64GB dan disokong dengan baterai bertenaga 3100mAh. Sementara Samsung membekali Galaxy A5 ini dengan processor Qualcomm Snapdragon 410 quad core berkecepatan 1,2GHz plus GPU Adreno 306, ditambah memori RAM 2GB, memori internal berkapasitas 16GB ditambah slot microSD sampai kapasitas 64GB serta disokong dengan baterai bertenaga 2300mAh.

Untuk konektivitas, keduanya tawarkan fitur yang nyaris sama, yakni Wi Fi 802.11 a/b/g/n, hotspot, Bluetooth, A-GPS, NFC dan port microUSB v2.0. Beberapa ketidaksamaan kira-kira terlihat dari versi yang dipakai, umpamanya Galaxy A5 dibekali Bluetooth versi 4.0, sedangkan OnePlus One dengan versi 4.1. Diluar itu, hp logam garapan Samsung dibekali fitur radio FM yg tidak dimiliki ponsel One.

Kamera

Baik Samsung ataupun OnePlus menyuguhkan kamera belakang 13MP dipadukan kamera skunder 5MP di hp Galaxy A5 ataupun One.

Ketidaksamaan terdapat pada sebagian fitur yang melengkapi, umpamanya kamera belakang dengan resolusi Sony IMX214 pada One dibekali dual LED flash plus kekuatan merekam video 2160p @30fps, sedangkan di Galaxy A5 dibekali LED flash serta bisa merekam video cuma 1080p @30fps saja.

Sementara sebagai ponsel photo selfie, Samsung menyematkan kamera skunder pada Galaxy A5 ini dengan fitur wide angle sampai 100 derajat pada posisi potrait dan 120 derajat pada posisi landscape atau mode pemandangan. Kamera skunder di ponsel ini bisa diaktifkan memakai gerakan telapak tangan atau lewat perintah nada.

Harga OnePlus One vs Samsung Galaxy A5

Populer juga sebagai produsen ponsel pintar yang mematok bandrol terjangkau untuk hp premium, OnePlus pasarkan ponsel One di indonesia dengan bandrol jual dikisaran Rp 4.499.000 (versi 64GB). Sedangkan Samsung Galaxy A5 dihargai bandrol kurang lebih Rp 4,9 jutaan untuk pasar Tanah air.

Mana yang paling baik? Yang pasti yang dapat penuhi semua keperluan masing-masing pemakai, mempunyai kinerja tinggi serta bandrol ekonomis.

Incoming search terms: